5:34 AM
0

Roti dan cake memang paling enak bila dibuat dan disajikan pada hari yang sama. Tetapi sayangnya hal ini tidak selalu dapat dilakukan karena terbentur waktu, kesibukan sehari-hari, dll. Lagipula tidak setiap hari kita dapat pergi ke toko roti untuk memilih roti yang segar dan masih baru atau ketika anda membeli roti ukurannya terlalu besar sehingga tidak habis dan harus disimpan.

Agar roti dan cake tetap segar dan enak rasanya bila akan dikonsumsi lagi, maka cara menyimpan roti dan cake yang benar sangatlah diperlukan. Anda mau tahu caranya, simak tips berikut semoga bermanfaat.

Cara Menyimpan Roti di Boks roti atau lemari es

Beberapa jenis roti seperti roti tawar, roti untuk sop, roti untuk humberger, atau roti manis tanpa isi dapat disimpan dalam boks penyimpan roti selama satu hingga 3 hari.

Roti akan mulai mengering jika kelembaban air yang terkandung dalam roti hilang. Keadaan ini bisa terjadi lebih cepat jika roti disimpan dalam suhu 2-3 derajat Celcius tanpa pembungkus apapun. Untuk menghindarinya, sebaiknya bungkuslah roti dengan plastik atau aluminium foil.

Roti tawar dan roti lain  yang memiliki remah kasar seperti whole wheat  atau rye bread harus dibungkus dengan plastik rapat-rapat sebelum disimpan dalam kulkas. Roti jenis ini dapat bertahan selama 1 minggu. Untuk menyegarkan kembali, buka bungkusnya, perciki dengan sedikit air, lalu panggang dalam oven bersuhu 180-200 derajat Celcius selama beberapa menit.

Jamur mudah timbul terutama saat udara sangat panas, sehingga roti yang dibungkus mudah berkeringat. Keringat inilah yang menimbulkan jamur. Ini salah satu alasan mengapa membungkus roti harus dalam keadaan dingin terlebih dahulu. Hati-hati terhadap roti yang sudah berjamur, dikhawatirkan menyebabkan sakit perut.

Cara menyimpan Roti di freezer

Tempat yang paling baik untuk menyimpan roti adalah freezer dengan suhu 18-25 derajat Celcius di bawah nol. Pada suhu ini jamur tidak akan tumbuh dan roti tetap segar. Hangatkan terlebih dahulu sebelum dimakan, roti tetap bercita rasa seperti baru dibuat.

Roti dan cake yang masih dalam bentuk  adonan yang siap dipanggang pun bisa disimpan dalam freezer setelah dibungkus rapat dengan plastik. Jika ingin memanggangnya kembalikan dulu adonan sesuai suhu ruangan, artinya biarkan adonan tidak dalam keadaan dingin sekali. Setelah itu panggang dalam oven panas dan diperoleh roti yang segar.

Cetakan atau loyang yang terbuat dari aluminium foil tebal dapat langsung digunakan untuk membakar dan menyimpan roti dalam freezer.

Setelah dicuci bersih, cetakan atau loyang aluminium foil dapat disimpan dan digunakan lagi sampai 3 kali.
Plastik foil atau plastik gulung paling tepat digunakan untuk membungkus roti atau cake yang akan disimpan dalam freezer. PENTING!! Jangan lupa mencatat tanggal penyimpanannya untuk menghindari kadaluwarsa.
Untuk menyimpan cake, danish pastry, atau produk yang mudah rapuh, gunakan alas tebal agar tidak mudak hancur dan bungkuslah dengan plastik.

Agar roti dan cake tetap segar, tidak berubah rasanya, segera simpan setelah matang dan dingin. Masukkan dalam freezer dengan suhu 25 derajat Celcius dibawah nol.

Roti yang sedikit mengandung mentega atau margarine seperti roti tawar, roti untuk sop, roti untuk humberger, atau roti hot dog sedikit mengandung lemak. jenis roti ini dapat bertahan selam 6 bulan dalam freezer bersuhu 18 derajat Celcius di bawah nol.

Demikian cara menyimpan roti dan cake agar tetap aman dan segar dikonsumsi,  semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya ya...