12:38 AM
0

Pilus keju, cara pembuatannya sangat sederhana, namun butuh perhatian ekstra saat menggoreng agar  adonan tidak pecah. Adonan dimasukkan dalam minyak dingin, dan gunakan api kecil untuk mematangkannya.

Bahan
200g       tepung kanji
1sdt        garam
100g       keju cheedar, diparut
2butir      telur, dikocok
Bahan ini untuk 575g pilus keju.

Cara Membuat
  1. Campur tepung kanji dan garam, tambahkan keju, aduk hingga rata. Masukkan telur, aduk sambil masukkan air sedikit demi sedikit. Setelah adonan tidak melekat di tangan, bagi adonan menjadi 4 bagian, bulatkan, tutup dengan plastik agar tidak kering.
  2. Tuang minyak goreng yang banyak dalam wajan. Dari satu bagian adonan, ambil 1/8sdt adonan, taruh di atas telapak tangan, lalu bentuk seperti cendol menggunakan dua tangan.
  3. Masukkan langsung ke dalam wajan, usahakan adonan terendam minyak. Lakukan hingga satu bagian adonan habis, sebelum memasukkan bagian adonan selanjutnya.
  4. Jerangkan wajan di atas api kecil, biarkan hingga panas menjalar perlahan pada adonan. Kemudian tunggu hingga adonan terapung, aduk hingga berwarna kekuningan dan kering, angkat, dan tiriskan.
  5. Angkat wajan dari atas api, biarkan hingga minyak dingin kembali. Sementara itu, bentuk lagi 1 bagian adonan, masukkan ke dalam wajan, jerangkan di atas api. Lakukan proses menggoreng sama seperti langkah di atas.Lakukan hingga semua adonan habis.
  6. Selamat mencoba.
Tips: Gunakan dua buah wajan secara bergantian, agar proses menggoreng lebih cepat.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya ya...