6:33 AM
0
Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari ataupun untuk kebutuhan istimewa seperti membuat kue dan lainnya, kita seringkali harus membeli susu, keju, telur dan produk sejenis lainnya. Bagaimana cara penanganan yang baik agar produk yang kita beli tetap baik dan aman dikonsumsi, mari kita simak penjelasan berikut.

Dairy adalah istilah produk atau bahan makanan hasil sampingan dari lemak susu. Umumnya rak diary yang ada di toko atau supermarket berisi beragam produk mulai dari susu dan keju rendah lemak untuk orang yang sadar berat badan dan kalori, sampai telur segar dan pengganti telur untuk omelet.

Bagaimana cara menyimpan produk diary di rumah agar tetap segar dan aman dikonsumsi? Secara umum silakan baca tips berikut:
  • Simpan susu, keju, yogurt, cream, cottage cheese, dan produk-produk sejenis di kulkas dalam kemasan aslinya.
  • Pastikan bahwa temperatur kulkas anda setidaknya 4,5 derajat Celcius atau lebih.
  • Setelah pemakaian, tutup kembali kemasan dengan baik.
  •  Pergunakan susu dengan produk diary lainnya secara berurutan berdasarkan tanggal pembeliannya.
  • Jangan biarkan produk diary dalam suhu kamar lebih lama dari dua jam saja.
  • Jangan bekukan susu atau produk diary lainnya (kecuali mentega, keju keras natural atau yogurt), mutu dan teksturnya akan berubah.
Tips Menjaga kesegaran prosuk susu

Ketika membeli susu, bacalah labelnya dengan teliti untuk mengetahui persis apa yang anda beli. Susu cair memiliki beberapa kategori sesuai dengan kandungan lemaknya. whole milk biasanya mengandung 3,5 persen lemak, low fat dengan kadar lemak 1 sampai 2 persen, atau skim milk yang tidak mengandung lemak/fat.

Susu seperti halnya bahan mentah lainnya seperti daging, ikan, unggas dan telur, mengandung bakteri yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan keracunan makanan atau penyakit lainnya. Susu yang telah di-pasteurisasi  mengurangi bakteria ini dan aman diminum.

Pasteurisasi adalah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme berbahaya seperti bakteri, virus, protozoa, kamir. (id.wikipedia)

Selama di-pasteurisasi, susu dipanaskan sampai dengan 71,6 derajat Celcius setidaknya selama 15 detik, kemudian dengan cepat didinginkan, untuk menghilangkan bakteri yang mungkin berbahaya.

Setelah pasteurisasi sangat penting menjaga susu selalu dalam keadaan dingin yang konstan untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang berbahaya.

Penyimpanan dan penanganan susu

  • Umumnya, susu segar dapat disimpan dalam kulkas selama 5 hari setelah kemasan dibuka, tetapi tetaplah berpegangan pada informasi tanggal "sell by".
  • Kelebihan susu yang sudah dituang (misalnya ke gelas) sebaiknya jangan dikembalikan lagi ke kemasan atau kantong plastik.


Cara penanganan produk mentega dan margarin

Mentega dibuat dari cream sedangkan margarin terbuat dari minyak tumbuhan dicampur susu atau produk susu.

Berikut cara penyimpanan dan penanganannya:
  • Tutup, simpan mentega dan margarin yang telah dibuka ke dalam kulkas. Mentega bertahan sekitar satu sampai dua minggu dalam kulkas, sedangkan margarin bisa bertahan empat sampai enam minggu. Jika dibekukan bisa bertahan lebih lama.
  • Mentega tawar (unsalted butter) sebaiknya disimpan dalam freezer sampai siap pakai.
  • Sebelum membekukan mentega, bungkus tiap kemasan erat-erat dengan plastik atau foil.
  • Mentega akan bertahan baik di suhu dibawah -18 derajat Celcius selama 6 hingga 9 bulan. 
Untuk tips berikutnya akan dilanjutkan di postingan yang lain.







0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya ya...