3:13 PM
0


Kue tradisional yang unik ini, bentuknya seperti tambang, warnanya pun dibuat kombinasi putih dengan cokelat. Rasanya yang gurih, manis sangat menyenangkan bagi anak-anak. Anda dapat menentukan sendiri rasa dan warna kue untir ini.
Kali ini kita akan mencoba membuat kue untir bercita rasa wijen dan cokelat. Hmm, enak ya....

Bahan:
250g                     tepung terigu, diayak
1/4 sdt                  baking powder
1/4 sdt                  garam
75g                       gula bubuk
1/4 sdt                  vanili bubuk
75g                       margarin    
1 butir                   telur
1 sdm                   wijen
1/4 sdt                  cokelat pasta

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, baking powder, garam, gula bubuk, dan vanili, aduk rata. Tambahkan margarin, aduk menggunakan ujung jari atau pisau pastry hingga berbutir-butir.
  2. Tambahkan telur, aduk hingga kalis dan bisa dibentuk. Apabila masih terlalu keras, tambahkan air secukupnya. Bagi adonan menjadi dua bagian.
  3. Tambahkan wijen ke dalam salah satu  adonan, uleni hingga rata. Tambahkan pasta cokelat di bagian adonan yang lain, uleni hingga rata.
    Diamkan adonan selama 10 menit.
  4. Gilas setiap adonan setebal 3mm lalu potong ukuran 1,5 X 1,5 cm.  Ambil salah satu adonan putih dan satu adonan cokelat, gilas masing-masing dengan telapak tangan menjadi seperti tali kecil. Satukan ujungnya, tekan hingga melekat, lalu pilih lagi menjadi bentuk tambang, tekan lagi bagian ujungnya sehingga menempel dengan rapi. Atau, potong ukuran 1,5 X 10 cm, gilas dengan tangan, pilin, satukan kedua ujungnya. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan di atas api yang sedang, goreng adonan secara bertahap hingga matang dan kering, angkat, tiriskan.
    Biarkan hingga dingin, simpan dalam wadah bertutup rapat.
Mudahkan, perlu dicatat, adonan diatas diperkirakan menjadi 400 gram kue untir.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya ya...