6:30 AM
4

Produk Krim


Seperti produk susu, produk krim bervariasi juga dalam kandungan lemaknya. Heavy cream memiliki kadar lemak tertinggi, diikuti oleh light whipping cream, half  and half  dan cream  atau light cream.


Silakan Anda baca cara penyimpanan dan penanganan produk krim berikut:


  • Jangan mengembalikan cream yang lebih ke dalam kemasan aslinya, akan tetapi masukkan ke wadah yang lain.
  • Half-and-half dan light  dan heavy cream bisa bertahan sekitar 10 hari dalam kulkas setelah dibuka.
  • Cream asam dapat didinginkan untuk jangka waktu dua sampai empat minggu setelah kemasan dibuka.
  • Whipped topping dalam kemasan tabung semprot bisa bertahan sekitar tiga bulan di kulkas.

Produk Yogurt

  • Yogurt akan bertahan sekitar 7 sampai 10 hari dalam kulkas setelah kemasan dibuka. Periksa tanggal "sell by" di kemasannya sebagai petunjuk. 
  • Yogurt  rasa buah yang kemasannya belum dibuka dapat bertahan sampai enam minggu.

Produk Keju


Ada beberapa jenis keju yang perlu Anda ketahui, saya akan menjelaskan tiga saja yang paling banyak ditemui di toko atau supermarket.
Yang pertama adalah keju alami yang terbuat dari lemak susu (whole milk), umumnya terbungkus lilin atau lapisan pelindung lainnya, jenis keju ini masih dalam proses berumur. Jenis kedua adalah jenis keju yang telah diproses terlebih dahulu (processed cheese) merupakan campuran keju-keju yang telah dirut, dicampur, kemudian dipanaskan dan dibentuk dengan tidak ada proses berumur lagi. Yang ketiga keju ricotta dan keju cottage adalah jenis keju muda yang lembut.

Cara Penyimpanan dan Penanganan Produk Keju

  • Apapun jenis keju yang Anda beli, simpan keju dalam bungkus aslinya ke dalam kulkas sebelum dibuka. Jika bungkus sudah dibuka, tutup kembali kembali dengan baik kemasan anti lembab, atau tempatkan dalam kemasan yang betul-betul rapat.
  • Jika produk keju padat sudah mulai berjamur, kikis agian itu dan 1/2 inchi sekelilingnya. Pengecualiannya adalah pada jenis keju seperti blue cheese dan cottage cheese.
    Blue cheese jenis keju tua yang aromanya justru didapatkan dari adanya jamur dari jenis yang tidak berbahaya. Sebaliknya, buang keju muda seperti cottage cheese jika sudah muncul jamur.
  • Hidangkan keju pada suhu yang direkomendasikan, yang bervariasi sesuai dengan jenis keju.
    Beberapa keju memberikan aroma terbaik jika dihidangkan pada suhu kamar tetapi jangan membiarkan keju berada di luar kulkas lebih dari dua jam.
  • Keju keras alamiah bisa dibekukan hanya jika dikemas dalam ukuran kecil maksimal 1/2 kg dalam plastik yang rapat dan tebalnya sekitar 1 inchi. Freezer harus di set di suhu -180 derajat Celcius.
    Kebanyakan keju alamiah dapat disimpan dalam keadaan beku selama 6 sampai 8 minggu. Jika akan dikonsumsi, simpan dalam kulkas sampai tidak beku lagi, keju dapt dikonsumsi dalam jangka waktu beberapa hari. Keju yang telah dibekukan sebaiknya dimanfaatkan hanya untuk hidangan dimasak karena teksturnya kurang baik untuk dihidangkan begitu saja.
  • Keju cottage dapat disimpan di kulkas selama 10-30 hari setelah kemasan dibuka.
  • Keju keras yang dilapisi lilin seperti (maaf saya cantumkan nama merk-red) Cheedar, Edam, Gouda, dan Swiss  bisa bertahan sampai enam minggu seblum dibuka, tiga sampai empat minggu jika kemasan telah dibuka, dan dua minggu untuk sliced cheese.
  • Keju ricotta  dapat disimpan di kulkas selama sekitar lima hari setelah kemasan dibuka.
  • Makanan olahan keju dapat bertahan selama 3 sampai 4 minggu jika disimpan dalm kulkas.

4 comments:

Terimakasih atas komentarnya ya...