3:39 PM
0

Kue tradisional ini tetap digemari meskipun banyak camilan modern yang beredar di pasar, masyarakat Indonesia. Disebut kue kuping gajah karena bentuknya yang mirip kuping yang lebar seperti gajah. Uniknya berwarna warni dan tipis dengan rasa yang gurih manis, kali ini dicampur cokelat dan kopi agar rasanya lebih istimewa.

Bahan:
500g                  tepung terigu
175g                  gula bubuk
1/2sdt                garam
1sdm                 susu bubuk
1/2sdt                vanili
2 butir               telur, dikocok lepas
2sdm                 margarin, dilelehkan
100ml                santan/air
2sdm                 cokelat bubuk
1sdt                   kopi instan
50ml                  air panas
minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Campur jadi satu tepung terigu, gula bubuk, garam, susu bubuk, dan vanili, aduk hingga rata. Masukkan telur kocok dan margarin leleh, aduk dan uleni hingga adonan rata.
  2. Tuang santan/air sedikit demi sedikit sambil diuleni terus hingga adonan kalis. Sisihkan 1/4 bagian adonan, biarkan berwarna putih. Campur 3/4 bagian adonan bersama cokelat bubuk dan kopi instan yang sudah dilarutkan dengan 50ml air, aduk hingga adonan rata berwarna cokelat.
    Bagi masing-masing adonan menjadi dua bagian.
  3. Gilas setiap bagian adonan cokelat diantara dua lembar plastik hingga setebal 1/4 cm, dan setiap adonan putih setebal 1mm. 
  4. Tumpukkan satu bagian adonan putih di atas 1 bagian adonan cokelat, kemudian gulung sambil dipadatkan. Bungkus dengan selembar plastik, sisihkan.
    Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan.
  5. Potong-potong melintanggulungan adonan setebal 2mm, kemudian gilas lagi setiap potongan  hingga lebih tipis.
  6. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, goreng adonan secara bertahap, aduk sekali-sekali agar tidak lengket. Setelah matang dan renyah, angkat dan tiriskan.
  7. Adonan di atas  akan menjadi 600 g kue kuping gajah.



0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya ya...